Ads Top

Kades dan Lurah di Subang Dikukuhkan Jadi Satlinmas

Kades dan Lurah di Subang Dikukuhkan Jadi Satlinmas
Jabartv.com - Sebanyak 253 Kepala Desa/Lurah telah resmi dikukuhkan menjadi Satlinmas (Satuan Pelindungan Masyarakat) Kabupaten Subang oleh Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih selaku pembina Linmas dalam Apel Peresmian dan Pengukuhan Para Kepala Desa/Lurah sebagai Kasatlinmas yang dilaksanakan di Alun-alun Kabupaten Subang Jl. Wangsa Gofarana, Karanganyar Subang. Kamis (28/12/2017).

 "Sesuai Permendagri bahwa Linmas merupakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali keterampilan untuk penanganan bencana dan memperkecil akibatnya, dan tentunya ketertiban keamanan masyarakat" Ungkap Bupati Imas.

 Dengan diterbitkannya Permendagri No. 84 tahun 2014 tentang Linmas dan PP No. 6 tahun 2010 tentang Satpol PP, Penyelenggaraan Linmas merupakan Tupoksi Satpol PP, sebagaimana PP No. 7 Tahun 2016 tentang Linmas yang merupakan bagian stuktur bidang organisasi Satpol PP.

 Satlantas itu sendiri memiliki 5 tugas pokok yakni, mebantu penanggulangan bencana, membantu keamanan, ketentraman dan ketertiban, membantu dalam kegiatan sosial, membantu kemanan dan ketertiban pemilu dan membantu upaya pertahanan negara.

 "Oleh karena itu Satlantas harus mampu bersinergi dengan Dinas DPKPB, TNI dan Polri serta organisasi Pemilu termasuk dalam Pilkades," tambahnya.

Kemudian ia menambahkan bahwa keberadaan Linmas dalam Satpol PP akan sangat membantu Kabupaten Subang dalam menciptakan ketentraman yang kondusif.

 "Saya intruksi kepada Satpol PP sebagai tempat naungan Linmas segera menyusun rencana aksi menghidupkan peran dan fungsi Linmas," tutupnya.

 Dalam pengukuhan tersebut Bupati Imas menganugrahi penghargaan kepada 30 Linmas yang telah mengabdi lebih dari 50 tahun dan penyerahan simbolis KTA kepada 8 orang anggota Linmas. Pada

Apel ini turut hadir Ketua DPRD, Ketua Pengadilan dan Kejaksaan, Dadim 0506 Subang, Kapolres Subang, Dansubdenpim, Danyonif 312, 30 Camat sebagai Dansatlinmas, para Kepala OPD dan seluruh jajaran Satpol PP.
Diberdayakan oleh Blogger.